Dandim 0712 Tegal Hadiri Pembukaan Program Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar
Tegal – Bertempat
di Jl. Veteran No. 7 Kel. Mintaragen Kec. Tegal Timur Kota Tegal, Komandan
Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, SIP., MIP menghadiri kegiatan Pembukaan
Program PKU AKBAR (Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar) PNM dengan tema “Gebyar
Maju Bersama UMKM PNM 2024”. Jumat (14/6/2024)
Hadir dalam
kegiatan tersebut antara lain Pj. Walikota Tegal Dadang Somantri, ATD, M, Dandim
0712/Tegal Letkol Inf Suratman, S.IP., M.I.P, Danlanal Tegal Letkol Laut (P)
Adi Surono, S.T., M.T., M.Tr., Hanla., CTMP., Kapolres Tegal Kota AKBP Rully
Thomas, S.H., S.I.K., M.I.K, Staf Intel Kejaksaan Negeri Kota Tegal Adhi Budi
Hermawan, Kepala DPMPTSP Sartono Eko Saputro, Diperindagkop UMKM Rudy
Hersetyawan, Pemimpin PT. Permodalan nasional Madani cabang Tegal Agung
prihantoro, Kepala OJK Tegal Novianto Utomo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia
Tegal Mawardi, Pelaku usaha mikro dan ultra mikro dan Nasabah PNM.
Kegiatan dimulai
dengan Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pemutaran Video Company
Profile dan Penyerahan secara simbolis Plakat dari PNM kepada Pemkot Tegal dan
sertifikat Halal kepada nasabah/pelaku UMKM.
Sambutan
Pimpinan Cabang PNM Tegal Agung Prihantoro menyampaikan Bahwa kegiatan PKU
Akbar (Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar) PNM merupakan kegiatan yang di
laksanakan Setiap tahun sekali dilaksanakan. kegiatan ini membuka UMKM sebanyak
44 stan dan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14 - 15 Juni 2024 dan
kegiatan ini meliputi Pelayanan publik, talshow, bazara UMKM, pemeriksaan
kesehatan, gerakan pangan murah, lomba lomba dan senam
“Kegiatan ini
mengundang 1.000 nasabah dan di support dari BI, BRI, Brins, BPJS dan
pemerintah kota Tegal”, ucapnya.
Sementara Pj.
Walikota Tegal Dadang Somantri, ATD, MT memberikan sambutan, Pada pagi hari ini
saya dapat bertatap muka dengan segenap jajaran dan 1.000 nasabah ultra mikro PT.
PNM Cabang Tegal. Atas nama peribadi dan Pemerintah Kota Tegal dan saya
mendukung penuh kegiatan ini sebagai upaya edukasi PT. PNM Cabang Tegal untuk
mencerdaskan nasabah dalam hal literasi keuangan dan Literasi Digital atau Digital
Financial Literacy (DFL). DFL merupakan pengetahuan, keterampilan, keyakinan,
dan kompetensi untuk menggunakan produk dan layanan keuangan digital dengan
aman untuk membuat keputusan keuangan yang baik. untuk itu, dfl ini sangat
penting dipelajari oleh semua pihak. sebab, perkembangan tekonologi yang serba
digital saat ini telah merubah gaya hidup dalam bertransaksi, terutama
transaksi perbankan.
Saat ini satu
per satu lembaga jasa keuangan mulai menjual produk dan layanan jasa keuangan
secara digital. Selain untuk mempercepat layanan kepada nasabah, layanan
digital juga dimanfaatkan untuk efisiensi biaya operasional. jadi, kemampuan
literasi keuangan digital bukan sekadar kebutuhan. tetapi sudah menjadi gaya
hidup. Nasabah saat ini memiliki banyak pilihan untuk mengakses layanan
keuangan, tanpa perlu datang secara fisik ke lembaga jasa keuangan. demikian
juga dalam jangka panjang, semua transaksi keuangan akan beralih ke teknologi
digital dan menuju transaksi nontunai.
Oleh karana
itu, saya rasa tepat sekali PT. PNM Cabang Tegal mengadakan kegiatan ini.
nasabah dan semua stakeholder perlu dipersiapkan dengan bekal kemampuan
literasi digital yang mumpuni. penguasaan literasi digital bukan hanya untuk
kepentingan transaksi keuangan, namun juga untuk memenuhi kebutuhan dan
aktivitas kehidupan lainnya yang berbasis digital.
Namun saya
ingatkan bahwa faktor keamanan menjadi isu penting dalam melaksanakan transaksi
keuangan secara digital. Perlu adanya pemahaman akan adanya resiko keamanan
data pribadi. Oleh karena itu, saya minta ada upaya perlindungan data pribadi
nasabah menjadi prioritas yang harus dijaga, baik oleh nasabah sendiri maupun
lembaga jasa keuangan.
Saya berharap
pelatihan akbar literasi keuangan dan literasi digital ini dapat bermanfaat
bagi para nasabah PT. PNM yang notabene adalah para pelaku usaha ultra mikro. Seperti
memudahkan mengakses produk dan layanan jasa keuangan, baik melalui aplikasi
lembaga jasa keuangan maupun aplikasi yang dimiliki oleh suaah teknologi
finansial dan e-commerce, sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan
inklusi keuangan bagi para nasabah untuk mengakses produk dan layanan sektor
jasa keuangan secara tepat dan mudah, ucapnya.
“Tema yang
diusung pada kegiatan ini yakni gema pnm atau “Gebyar Maju Bersama Nasabah PNM”
saya rasa sudah tepat. Sebab, keberhasilan PNM sampai di titik ini, merupakan
buah kerja nyata dan kolaborasi bersama sehingga menghasilkan karya dalam
menggaungkan ekonomi kerakyatan. Hal tersebut tentu tidak dapat dicapai sendiri
oleh PNM, karena saya yakin, PNM bukanlah superman, tetapi merupakan super team
yang hebat. Diperlukan nasabah aktif demi sehatnya performance PNM dan
tercapainya target yang diamanatkan oleh para pucuk pimpinan PT. PNM”,
pungkasnya.
Komentar
Posting Komentar